Jumat, 23 Februari 2018

Sistem Reproduksi Penderita Epilepsi

Sistem Reproduksi Penderita Epilepsi

Meski kebanyakan penderita epilepsi mampu memiliki anak, kondisi tersebut menyebabkan perubahan hormonal yang dapat mengganggu reproduksi baik pria maupun wanita. Masalah reproduksi dua sampai tiga kali lebih sering terjadi  pada orang dengan epilepsi daripada pada mereka yang tidak mengalami gangguan.


Epilepsi dapat mengganggu siklus menstruasi wanita, membuat menstruasi tidak teratur atau menghentikannya sama sekali. Penyakit ovarium polikistik (PCOD)  - penyebab umum infertilitas - lebih sering terjadi pada wanita dengan epilepsi. Epilepsi, dan obatnya, juga bisa menurunkan dorongan seksual wanita.

Sekitar  40 persen  pria dengan epilepsi memiliki kadar testosteron rendah, hormon yang bertanggung jawab untuk dorongan seks dan produksi sperma. Obat epilepsi dapat mengurangi libido pria, dan mempengaruhi jumlah spermanya.

Kondisi ini juga bisa berpengaruh pada kehamilan. Beberapa wanita mengalami lebih banyak kejang saat mereka hamil. Memiliki kejang dapat meningkatkan  risiko terjatuh , serta keguguran dan persalinan prematur. Obat epilepsi dapat mencegah kejang, namun beberapa dari obat ini dikaitkan dengan  peningkatan risiko  cacat lahir selama kehamilan.

Sistem pernapasan
Sistem saraf otonom mengatur fungsi tubuh seperti bernafas. Kejang dapat mengganggu sistem ini, menyebabkan pernapasan berhenti sementara. Interupsi dalam pernapasan selama kejang dapat menyebabkan tingkat oksigen rendah yang abnormal, dan dapat menyebabkan  kematian mendadak yang tak terduga dalam epilepsi (SUDEP) .

Sistem saraf
Epilepsi adalah kelainan pada sistem saraf pusat, yang mengirim pesan ke dan dari otak dan sumsum tulang belakang untuk mengarahkan aktivitas tubuh. Gangguan pada aktivitas listrik di sistem saraf pusat memicu kejang. Epilepsi dapat mempengaruhi fungsi sistem saraf yang bersifat sukarela (di bawah kendali Anda) dan tidak disengaja (tidak berada di bawah kendali Anda).

Sistem saraf otonom mengatur fungsi yang tidak berada di bawah kendali Anda - seperti pernapasan, detak jantung, dan pencernaan. Kejang dapat menyebabkan gejala sistem saraf otonom seperti ini:

  • palpitasi jantung
  • detak jantung lambat, cepat, atau tidak teratur
  • berhenti bernapas
  • berkeringat
  • hilang kesadaran

Sistem otot

Otot-otot yang memungkinkan Anda berjalan, melompat, dan mengangkat benda-benda berada di bawah kendali sistem saraf. Selama beberapa jenis kejang, otot bisa menjadi floppy atau lebih kencang dari biasanya.

Kejang tonik menyebabkan otot-otot mengencangkan, menyentak, dan kedutan.

Sistem Kerangka
Epilepsi itu sendiri tidak mempengaruhi tulang, tapi obat yang Anda ambil untuk mengelolanya bisa melemahkan tulang. Kerugian tulang dapat menyebabkan osteoporosis dan peningkatan risiko patah tulang - terutama jika Anda jatuh saat mengalami kejang.

Sistem pencernaan
Kejang dapat mempengaruhi pergerakan makanan melalui sistem pencernaan, sehingga menimbulkan gejala seperti:

  • sakit perut
  • mual dan muntah
  • berhenti bernapas
  • gangguan pencernaan
  • kehilangan kontrol usus

Epilepsi dapat memiliki efek riak pada hampir setiap sistem di tubuh. Kejang - dan rasa takut memilikinya - juga bisa menyebabkan gejala emosional seperti rasa takut dan cemas. Obat-obatan dan operasi dapat mengendalikan kejang, namun Anda akan mendapatkan hasil terbaik jika Anda meminumnya sesegera mungkin setelah Anda didiagnosis.

Sumber: http://www.portalkesehatanku.com/obat-epilepsi/

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus